Notification

×

Iklan

Iklan

Bimtek Reforma Agraria, Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar: Program dari Pemerintah Berikan Lahan untuk Petani Kawasan Hutan di Cianjur

7/27/2024 | 00:06 WIB Last Updated 2024-08-06T03:54:08Z
Ketua Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono. (Foto: SignalCianjur)

SIGNALCIANJUR.COM - Ini soal masalah bimbingan teknis (Bimtek) reforma agraria, jadi ada program dari pemerintah membagikan lahan-lahan untuk petani kawasan hutan di Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono, saat dikonfirmasi langsung awak media, Ninat6(26/7/2024).

"Nah, di dalam ada pemukiman warga dan fasilitas umum," katanya.

Masih ujarnya, maka itu mohon kepada pada pemerintah untuk dilepas dari status kawasan hutannya.

[26/7 23.27] Tamem // PWI: "Artinya masyarakat bisa diterbitkan sertifikat," harap Ono.

Nah! Sisi lainnya juga, lebih lanjut ia menjelaskan ada program yang namanya kawasan hutan ada khusus di mana kawasan hutan tersebut yang dikelola oleh perhutani lahan bisa digarap oleh masyarakat.

"Jadi bisa memberikan legalitas kepada masyarakat (petani) hutan tersebut menggarap selama 35 tahun," papar Ono Surono.

Hal sama diutarakan dia, tapi wajib 25 persen untuk untuk ditanami tanaman - tanaman keras atau pohon. Dan, mudah-mudahan bisa dilaksanakan pihak Dinas Kementerian Lingkungan Hidup (DKLH) dan kehutanan perwakilan masyarakat adat ada, kelompok tani hutan penggiat lingkungan.

"Nah! Mudah-mudahan kita bisa lebih mempersiapkan diri bagaimana ke depan Cianjur luas hutan yang besar," tutur Ono.

Terakhir, lebih dari itu ia menuturkan pertanian yang besar kita berharap kelestarian bisa terjaga sekaligus bisa memanfaatkan ekonomi," tegas dan tutup Ono.(Red)

×
Berita Terbaru Update