Notification

×

Iklan

Iklan

Ada Ngubek Lele Program Desa Manjur, Kades Sukaratu Bojongpicung: Pelayanan Lintas Sektor dan Aspirasi Warga Ditampung Bupati Cianjur

7/29/2024 | 22:12 WIB Last Updated 2024-07-29T15:15:56Z
Bupati Cianjur H Herman Suherman saat kunjungan ke Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung silaturahmi hingga memberikan bantuan lintas sektor. (Foto: Mamat Mulyadi/Time News)


SIGNALCIANJUR.COM - Kunjungan silaturahmi Bupati Cianjur H Herman Suherman melalui program "Desa Manjur" di Kampung Gempol, Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur disambut hangat dan baik, bahkan warga setempat menggelar "Ngubek Lele" dan ikan di sungai, Senin (29/7/2024) siang.

Kepala Desa (Kades) Sukaratu Kecamatan Bojongpicung Rahmat mengatakan, sebelumnya telah dikonsep atas inisiatif atau gagasan warga melalui RT/RW masing-masing kampung.

"Nah! Bukan hanya itu saja. Da, ada juga pelayanan baik yang rencananya akan membangun rumah rusak (milik salah satu warga) yang nanti layak dipakai oleh Pemkab Cianjur melalui dinas terkait," kayanya.

Hal lain lagi ujarnya, masih banyak ditampilkan untuk diketahui pemerintah dan publik juga soal potensi Sumber Daya Manusia (SDM), dan Sumber Daya Alam (SDA) di desa sini. Baik itu kerajinan tangan, UMKM, seni tradisional tarian (jaipong), dan lainnya.

"Ya! Mungkin paling menarik ada ngubek lele di sungai. Jadi warga menangkap ikan dan lele diberikan hadiah," ujar Rahmat.

Lebih lanjut, ia menyampaikan jadi agenda padat sekali dari mulai pelayanan kepada warga terkait administrasi kependudukan (Adminduk), rutilahu, cek kesehatan masyarakat (Cekas), lalu pelayanan lainnya dari beberapa dinas terkait.

"Semua pada hadir jajaran Forkompinda Cianjur, saya ucapkan terima kasih kepada pak bupati," ucap Kades Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung.

Hal senada diutarakan Bupati Cianjur, ada berbagai makanan tradisional hasil alam desa sini seperti diantaranya yaitu singkong rebus, ubi, jagung rebus, dan banyak lagi yang lainnya telah disediakan di meja tertata rapih oleh warga setempat di beberapa rumah warga.

"Jadi para rombongan pak bupati tinggal makan saja. Nah! Itu telah disediakan juga nasi liwet yag telah dimasak sebelumnya oleh  emak-emak warga sini untuk menjamu dengan baik," papar Ramhat.

Hal sama dipaparkan dia, pa bupati berkunjung juga ke sekolah, pondok pesantren (Pontren), lalu ke beberapa rumah warga dibantu. Dan, salah satu Masjid ada di salah satu kampung Desa Sukaratu yang rencananya akan dibantu juga pembangunannya.

"Semoga bisa bermanfaat dan menjadi berkah," ujar Rahmat.

Terakhir, Kades Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung menambahkan pak bupati juga menampung aspirasi dan keluhan dari ibu-ibu yang notabene (mayoritas) lanjut usia (Lansia) warga sini, berbincang-bincang penuh keakraban di ala desa.

"Semua pelayanan dibahas lintas sektor tapa terlewatkan. Dan, berharap bisa sesuai dengan harapan warga sini," pungkasnya. (Red)





×
Berita Terbaru Update