Notification

×

Iklan

Iklan

Soal Serangan DBD, Inilah Solusi dan Langkah Jitu Dilakukan RS Cimacan

6/01/2024 | 13:54 WIB Last Updated 2024-06-01T07:16:19Z
RS Cimacan, Kabupaten Cianjur. (Foto: Mul/JabarNews)

SIGNALCIANJUR/ CIPANAS- Solusi atau langkah yang bisa dilakukan oleh ketika mengalami gejala-gejala yang mirip dengan DBD memang alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Hal tersebut himbauan Diurut RS Cimacan, Kabupaten Cianjur, dr. Yogeswara Soeharto, saat dikonfirmasi langsung, Sabtu (1/6/1024) siang.

"Sehingga dilakukan cek darah terlebih dahulu," pesannya.

Sehingga, hal sama diutarakan dia, diketahui bilamana memang dari hasil pemeriksaan tersebut atau trombositnya menurun atau bisa segera untuk berobat.

"Apabila perlu memang perlu untuk merawat inap di rumah sakit," ujar Dirut RS Cimacan.

Himbauan disampaikan dia, kepada masyarakat dengan adanya perubahan cuaca menyebabkan adanya beberapa penyakit seperti DBD, apalagi dengan meningkatnya curah hujan yang menyebabkan lingkungan menjadi lebih lembab.

"Nah! di mana hal ini yang menyebabkan makin berkembang biaknya nyamuk," terang Dirut RS Cimacan.

Hal senada diutarakan dia, nyamuk aedes yaitu salah satunya tidak membuang sampah sembarangan yang menyebabkan adanya genangan air.

Kemudian, ia menyampaikan selalu menjaga lingkungan yang bersih si rumah masing-masing, artinya untuk pencegahan yang dapat dilakukan dengan melakukan atau memberantas jentik nyamuk.

"Ya! Jelasnya untuk menghindari adanya menghindari kita nyamuk yaitu dengan cara 3M plus," jelas dr. Yogeswara Soeharto.

Dirut RS Cimacan ini memaparkan 
3M plus yaitu yang pertama menguras tempat yang dapat menampung air bak mandi dan lain-lainnya, kemudian menutup rapat semua tempat penampungan air, lalu mengubur barang-barang bekas dapat menampung air.

Terkahir, ia menambahkan kemudian bisa mencegah gigitan nyamuk yaitu dengan menggunakan obat nyamuk atau menggunakan lotion anti nyamuk dan juga bisa juga dengan memasang kawat kasa.

"Ya! Artinya pada jendela atau ventilasi rumah masing-masing. Begitu kang," tandas Dirut RS Cimacan, Kabupaten Cianjur ini. (Red/*)



×
Berita Terbaru Update