Notification

×

Iklan

Iklan

TPU Penuh di Cianjur, Pemkab Cianjur: Sudah Disiapkan Lahan Baru 4,4 Hektare

3/15/2024 | 03:54 WIB Last Updated 2024-03-17T22:09:46Z


TPU Penuh di Cianjur, Pemkab Cianjur: Sudah Disiapkan Laham Baru 4,4 Hektare 

JABARNEWS I CIANJUR- Soal Tempat Pemakaman Umum (TPU) penuh, saat ini telah menyiapkan 4,4 hektare luasnya di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota, Kabupaten Cianjur (belakang kantor DPRD Cianjur), artinya Pemkab Cianjur sudah memproses lahan baru.

Hal tersebut sebut Bupati Cianjur H Herman Suherman melalui keterangan tertulisnya kepada insan media, Jumat (15/3/2024).

"Nah! Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Cianjur sudah memproses lahan baru karena sudah penuh ditumpuk," katanya.

Dijelaskan Bupati Cianjur juga, soal penuhnya TPU itu nanti bakal melengkapi sejumlah TPU yang sudah ada tersebar di sekitaran Kecamatan Cianjur Kota. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas (Sekdis) Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetyadi mengatakan, pembangunan TPU baru pasalnya kondisi TPU lainnya tidak memungkinkan untuk dijadikan tempat peristirahatan terakhir.

"Kita sudah mempersiapkan jauh-jauh hari atau waktu," terang dia.

Lebih lanjut ia menyampaikan, beberapa tahun ke belakang, bahwa kondisi sejumlah TPU di Cianjur yang dikelola pemerintah ini ada istilah tumpang, satu lubang itu sudah diisi lebih dari satu jenazah.

"Karena lahan yang tidak ada lagi begitu kang," ujar Hendri.

Hal sama diutarakannya, terkait tanah tersebut dibeli dari warga sekitar yang mana kebetulan berdekatan dengan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur.

"Sehingga pemerintah melalui Disperkim Cianjur melakukan pengadaan tanah untuk TPU," bilang Sekdis Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Cianjur.

Sedangkan anggaran sudah dikucurkan itu mencapai angka sekitar miliran.  Nah! Anggaran Rp9 miliar tahun ini.

"Nah! Kalau tahun depan dianggarkan lagi. Begitu ," tutup Hendri. (Mul)

########

TPU Sirnalaya di Cikaret, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur Kota, Kabupaten Cianjur. (Foto: Mul/JabarNews)

×
Berita Terbaru Update