Notification

×

Iklan

Iklan

Pesta Rakyat, Ini Cara Mahasiswi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bandung Wujud PHBS

3/07/2024 | 14:25 WIB Last Updated 2024-03-07T07:32:42Z
Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Cintaasih dan di Gor Serbaguna Desa Cintaasih. (Foto: Istimewa)


SiNALClANJUR /BANDUNG Pesta Rakyat (Peakat) upayapemberdayaan masyarakat dalam Bidang Kesehatan (BK) untuk mewujudkan lingkungan hidup bersih dan sehat (PHBS) menuju sejahtera.

Hal tersebut menurut Felzha Wahyudi Putri Romansya salah satu mahasiswi Semester 6 Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bandung, kepada JabarNews, Kamis (7/3/2024) siang.

"Tujuan kegiatan praktik komunitas yang dilakukan oleh mahasiswi Kebidanan Bandung Poltekkes Kemenkes Bandung,"
Katanya.

Masih ujar dia, yang mana ingin memberikan kesan baik dengan kegiatan yang sasarannya tidak hanya Ibu dan anak saja, tetapi seluruh masyarakat Desa Cintaasih, dalam upaya meningkatkan kesadaran kesehatan dan mendorong pencegahan penyakit melalui pemeriksaan rutin.

"Nah! Kami mengusulkan kegiatan pesta rakyat di Desa Cintaasih. Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat," terang Felzha Putri.

Hal senada masih diutarakan dia, erutama ibu hamil, remaja putri, dan masyarakat umum, untuk melakukan pemeriksaan golongan darah dan hemoglobin. 

Melalui kegiatan ini, timpalnya, bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit, memperkuat kerjasama komunitas, dan mengumpulkan data yang berguna untuk pengembangan layanan kesehatan lokal.

"Nah! Tentu ada, sehubungan dengan hasil survey mawas diri yang dilakukan oleh kami di awal praktik," ujar Putri.

Ia menambahkan angka permasalahan terbesar itu di kepemilikan bpjs dan ketidaktahuan masyarakat tentang golongan darah.

"Kami mengimplementasikan kegiatan yang selaras dengan hasil survey mawas diri tersebut," ucap Putri.

Sehingga, masih disampaikan Putri, program - program yang pulihnya laksanakan memang disesuakan dengan kebutuhan dari masyarakat.

Terakhir, ia Kegiatan ini merupakan mata kuliah wajib yang dilakukan oleh Mahasiswa Tingkat Akhir Kebidanan, dimana kita ditempatkan pada suatu wilayah untuk melakukan olah data dan melakukan suatu kegiatan yang sesuai dengan hasil olah data tersebut.

"Nah! Artinya layaknya simulasi sebagai bidan desa," tutup Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bandung salah seorang mahasiswi (Red*)






×
Berita Terbaru Update