Notification

×

Iklan

Iklan

Waspadai Gejala Demam Tifoid, Ini Penyebab dan Cara Pengobatannya Imbauan Dinkes Cianjur kepada Warga

2/28/2024 | 11:18 WIB Last Updated 2024-02-28T05:08:42Z
Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur. (Foto: Istimewa)


SIGNALCIANJUR.COM - Gejala demam tifoid adalah adanya demam. Apabila terinfeksi mesin kubah kuman atau bakteri monera yang ada di penyakit tentunya.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal, saat dikonfirmasi langsung awak media melalui via WhatsApp, Rabu (28/2/2024).

"Nah! Ini akan kurang lebih satu sampai itu penderitaan mendapatkan demam," katanya .

Masih ujar Yusman, kemudian badan lemas juga apabila memang diobatin ini akan menyebabkan pembesaran daripada hati yang lebih fatal. Dan, tentunya adalah bisa lari ke bakteri.

"Bakteri salmonella ini dapat lari ke otak menjadi meningitis yang paling bahaya dan bisa menyebabkan kematian," terangnya.

Gejala, lebih lanjut Kadinkes Kabupaten Cianjur ini menyampaikan begitu bila warga terinfeksi, tubuh biasanya akan mengalami berbagai tanda dan gejala awal.

"Selain itu, komplikasi bisa ditimbulkan seperti perdarahan pada usus dan pecahnya usus," paparnya.

Ditanya, soal penyebab Yusman menjelaskan lagi, itu dari penyakit tipes atau demam tifoid ini adalah bakteri "Salmonella Typhi" biasanya bakteri ini disebarkan melalui feses dan urine penderita mengkontaminasi air atau makanan.

"Bakteri salmonella typhi menyebar melalui kontak langsung dengan orang telah terinfeksi (penyajian makanan oleh orang sedang mengalami demam tifoid)," timpalnya.

Cara pengobatan, terakhir Kadinkes Kabupaten Cianjur ini menambahkan yaitu antibiotik menjadi satu-satunya pengobatan paling efektif untuk demam tifoid. 

Sambungnya, nah! Biasanya dokter akan meresepkan berbagai antibiotik, dan ada beberapa penanganan dapat dilakukan yaitu minum banyak air, minum air saat sakit tipes membantu mencegah dehidrasi diakibatkan demam dan diare berkelanjutan.

"Nah! Bila mengalami dehidrasi parah, doker akan memberikan cairan melalui pembuluh vena atau infus," tutup Yusman. (Sep)




×
Berita Terbaru Update