Notification

×

Iklan

Iklan

Psikotes Peserta Didik SMAN 1 Cianjur, Begini Tujuannya

11/21/2023 | 02:27 WIB Last Updated 2023-11-20T19:39:56Z
Terlihat peserta didik SMAN 1 Cianjur mengikuti psikotes. (Foto: Humas SMAN 1 Cianjur)

SIGNALCIANJUR.COM- Tujuan psikotes untuk mengetahui potensi, kemampuan, bakat dan kepribadian secara komprehensif dilaksanakan oleh ahli khusus untuk mendapatkan hasil valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Cianjur, Dr. Agam Supriyanta, saat dikonfirmasi langsung melalui via WhatsApp (WA) oleh SignalCianjur.com, Selasa (22/11/2023).

"Dalam bidang pendidikan, biasanya psikotes digunakan untuk mengetahui minat dan bakat siswa," katanya.

Selain itu, lebih lanjut Kepsek SMAN 1 Cianjur ini menjelaskan, psikotes dalam bidang pendidikan juga digunakan untuk mengetahui tingkat intelektual siswa. Selain itu, psikotes juga kerap digunakan dalam bidang pekerjaan.

"Ya! Khususnya rekrutmen kerja seperti halnya," ucapnya.

Kepala sekolah (Kepsek) SMAN 1 Cianjur, Dr. Agam memaparkan, melakukan psikotes untuk peserta didik kelas X. Psikotes ini dilaksanakan untuk mengetahui bakat, minat, gaya belajar, dan potensi dari peserta didik. 

"Hampir secara keseluruhan peserta didik baru mengikuti psikotes tersebut," ujarnya .


Hasil psikotes nantinya, terakhir Kepala (
Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Cianjur ini menambahkan, dapat digunakan oleh guru terutama untuk menyiapkan media dan metode belajar yang sesuai. Dan, selain itu peserta juga mengetahui potensi dimilki untuk dapat mengembangkannya di sekolah.

"Nah! Harapannya proses belajar mengajar yang ada di SMAN 1 Cianjur bisa berlajan menyenangkan dan dapat mencapai tujuan pendidikan nasional," tutup dan harapnya. (Red/*)



×
Berita Terbaru Update