Notification

×

Iklan

Iklan

Karang Taruna Tanjungsari Sukaluyu Cianjur Ikut Pembinaan, Begini Tujuannya

5/12/2023 | 02:27 WIB Last Updated 2023-05-11T19:30:02Z
Karang Taruna Desa Tanjungsari ikut pembinaan sebagai narsum ketua tingkat kecamatan. (Foto: SignalCianjur)

SIGNALCIANJUR.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur gandeng Karang Taruna tingkat kecamatan untuk pembinaan kepada pengurus dan anggota tingkat desa, di aula desa setempat, Kamis (11/5/2023).

Kades Tanjungsari Waldi Akbar Yacob mengatakan, pembinaan untuk Karang Taruna di desa sini intinya. Nah! Kucuran anggaran tersebut itu dari Dana Desa (DD) 2023.

Ini merupakan agenda rutin setiap tahun, secara organsiasi harus sudah siap. Dan, harus dipahami adanya pembinaan saat ini, sehingga bisa diimplementasikan di lingkungan masyarakat.

"Biar lebih kompak dan sinergi dalam hal berorganisasi," katanya

Masih ujar Waldi, prioritas tugas dan fungsi Karang Taruna seperti apa, menyingkronkan apa yang perlu dibantu oleh Karang Taruna tingkat kecamatan.

"Pencapaian seperti kegiatan sosial donasi bencana gempa bumi, olahraga, dan kegiatan hal positif lainnya," terangnya.

Ditanya soal pembinaan Karang Taruna diselenggarakan kucuran dari mana, Kades Tanjungsari menuturkan, bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2023.

"Bisa lebih kompak dan banyak kegiatan hal positif jauhi tidak penting dan jelek di masyarakat," tutupnya.

Diketahui, Karang Taruna Kecamatan Sukaluyu diundang hadir sebagai narasumber (Narsum) pembinaan baru empat, diantaranya desa yang pertama itu Desa Mekarjaya, Sindangraja, Hegarmanah, dan Desa Tanjungsari.


Terpisah, Ketua Karang Taruna Kecamatan Sukaluyu Cepi mengatakan, poin pentingnya karena ini yang pertama kali di Desa Tanjungsari untuk pembinaan jadi ada tiga materi disampaikan pertama tentang mukadimah, kedua tentang wawasan.

"Artinya berkarakter tentang tugas dan fungsi Karang Taruna. Jadi teman-teman ini memang banyak belum paham tentang bagaimana caranya," katanya.

Cepi menyampaikan, tadi ke teman-teman sedikit ilmu yang nanti akan berkesinambungannya ada materi yang kedua.

"Nah! Nanti akan dilanjutkan tentang apa memang sudah siapkan materi kedua," terangnya.

Masih ujar Cepi, ditopang kades untuk support kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan di setiap desa yang ada di kecamatan Sukaluyu khususnya. Jadi supaya temen-temen ini paham bagaimana berorganisasi itu seperti apa yang baik yang mempunyai integritas yang punya ide gagasan yang cemerlang.

"Supaya untuk mensupport kegiatan-kegiatan di desa masing-masing hal positif," paparnya 

Hal senada masih tutur Ketua Karang Taruna, jadi untuk mendukung kegiatan-kegiatan kepala desa (pemerintah desa) taid disampaikan ke teman-teman dan Insya Allah ini menjadi salah satu kunci keberhasilan desa tersebut.

"Ya! Intinya bisa dipahami dan diimplementasikan biar bermanfaat secara kontinyu," pungkasnya. (Red)




×
Berita Terbaru Update