Notification

×

Iklan

Iklan

Bansos, 99 KPM Warga Jamali Mande Cianjur Terima BLT-DD Rp 900 Ribu

5/08/2023 | 14:38 WIB Last Updated 2023-05-08T07:44:27Z
Warga antrian terima BLT-DD di aula Desa Jamali, Kecamatan Mande. (Foto: SignalCianjur)

SIGNALCIANJUR.COM- Sebanyak 99 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga Desa Jamali, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur terima bantuan sosial (Bansos) melalui bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD), Senin (8/5/2023).

Kepala desa (Kades) Jamali Cece mengatakan, per KPM atau KK sekitar Rp 900 ribu, dari mulai Januari, Februari hingga Maret.

"Kalau per bulan terhitung sekitar Rp 300 ribu KPM menerima. Jadi ini disekaliguskan selama tiga bulan," katanya, saat dikonfirmasi langsung di meja kerja.

Cece menururkan, sesuai dengan kriteria pemerintah melalui Kementerian Desa (Kemendes), bahwa berhak menerima BLT DD 2023 saat ini ada tiga katagori yaitu lanjut usia (Lansia), penyakit penaun (tahunan), dan penyandang disabilitas.

"Intinya berpatokan ke Kemendes saja," ujarnya.

Kades Jamali berharap, bisa membantu dan bermanfaat juga meringankan beban selama ini walaupun katagori tadi dan belum menerima bantuan apa-apa intinya yang layak pihak desa sebelumnya menjaring data dari DTKS yang diajukan oleh RT.

"Biar tetap sasaran sesuai kepada warga yang berhak," timpalnya.

Ia menambahkan, untuk mendataan registrasi sosial ekonomi (Regsosek) di desa sini Badan Pusat Statistik (BPS) Rabu 10 Mei 2023, itu selama lima hari.

"Jadi orientasi di sektor ekonomi," ucap Cece.


Terakhir, Kades Jamali berharap, nanti dengan adanya pendataan dari BPS bisa satu pintu untuk persamaan, bisa sesuai harapan masyarakat dan pihak desa terima bantuan yang memang layak.

"Kalau kendala hampir semuanya sama bukan hanya di desa sini saja. Makanya merespon adanya pencocokan data oleh BPS," pungkasnya. (Red)



×
Berita Terbaru Update