Notification

×

Iklan

Iklan

Bertambah 11 Orang, Pilkades di Sukamaju Kebanjiran Balon

5/09/2022 | 11:52 WIB Last Updated 2022-05-09T05:27:01Z
Inilah deretan bakal calon (Balon) Kades Sukamaju, Kecamatan Cianjur kota. (Foto: SignalCianjur)



SIGNALCIANJUR.COM- Jajaran panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sukamaju, Cianjur kota, Kabupaten Cianjur, dibuat sibuk, Pasalnya, yang mendaftar tumpah alias kebanjiran para bakal calon (Balon) segut (semangat) untuk merebutkan kursi panas jabatan di desa tersebut, Minggu (8/5/2022).

Seperti keterangan diterima, sebelumnya ada sekitar delapan orang yang mendaftarkan diri. Kini terus  bertambah menjadi 11 orang, artinya bertambah tiga orang balon. Bagimana tidak desa tersebut satu-satunya di Kecamatan Cianjur kota digelar Pilkades 2022, beda sama desa lain ada di  sejumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur.

"Kini bertambah menjadi 11 orang balon," kata Ketua Pilkades Sukamaju, Kecamatan Cianjur kota, Dadang.

Diketahui,masing-masing bacalon diantaranya telah mendata untuk mencalonkan diri yaitu Solihin, Andri Jatnika Sungkawa Putra, Farid Komarudin, Adang Hadiat, Agus Zaenal Abidin, Teguh Sugih Purnama, Adam Wahyu, Maman Suherman, Yunita Silma Fitriani, M. Sudikman dan terakhir yaitu Iwa Irawan Adnan.

Ketua Pilkades Sukamaju, Dadang mengatakan, kalau lebih dari lima orang balon seperti biasanya waktu pilkades sebelumnya hal sama itu akan menjalani tes akademik nanti. Perlu diketahui, bukan pantia Pilkades Sukamaju yang menentukan, mengenai tes akademik beda lagi.  Nah! Itu ada lagi, biasanya kalau yang sudah-sudah bekerjasama dengan Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur.

"Pendaftaran paling akhir itu ditutup hingga 8 Mei 2022 waktunya," terang Dadang.

Masih ujar Dadang, selama ini tidak ada masalah dan aman, sesuai dengan harapan. Dan, mudah-mudahan bisa berjalan dengan mulus (baik) pelaksanaannya dari mulai ada calon yang mendaftar diiringi dukungan oleh warga kondusif dan lancar.

"Mengajak kepada warga khususnya desa sini, ayo sama-sama sukseskan Pilkades 2022 di Desa Sukamaju untuk menciptakan dan mendongkrak demokrasi yang sehat juga sopan," pungkasnya Ketua Pilkades Sukamaju ini.

Pantauan SignalCianjur.com, diprediksi akan ada sekitar 11 orang bacalon mentok. Artinya, terakhir ini yang mendaftarkan diri untuk rebutkan kursi empuk jabatan kepala desa (Kades) di Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur kota, tidak akan ada yang datang ke Sekertariat Pilkades Sukamaju. Karena, mengingat pendaftaran terlambat sampai 8 Mei 2022 ditutup.

Siapakah ke 11 orang balon tersebut akan merebutkan kursi panas jabatan kepala desa untuk memimpin masyarakat warga Desa Sukamaju. Tentunya yang lulus nanti hasil diseleksi akademik, karena kalau lebih dari lima kandidat saat pilkades uji kompetensi ilmu pemerintahan. Dan, biasanya DPMD Kabupaten Cianjur menggandeng kerja sama dengan salah satu universitas. Nantinya, akan disaring dari 11 orang balon akan menipis menjadi lima orang. (Red)

×
Berita Terbaru Update