Notification

×

Iklan

Iklan

Haol Mama Djohar, Warga Kadupandak Halalbihalal dan Tabligh Akbar

5/13/2022 | 22:58 WIB Last Updated 2022-05-13T19:09:58Z
Lautan manusia membanjiri seluruh area alun-alun di Kecamatan Kadupandak, Cianjur, haol Mama Djohar. (Foto: SignalCianjur)


SIGNALCIANJUR.COM- Ratusan ribu umat muslim warga Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tumpah ruah menjadi satu khuzu mendengar 'Tabligh Akbar' dalam rangka haol akbar sesepuh Kadupandak Mama Djohar Bin Aliyudin.

Acara gerakan keagamaan tersebut diselenggarakan di Alun-alun, Kampung Jalegor Kulon RT 2/2, Desa Kadupandak, Jumat (13/5/2022) malam.

Ketua panitia penyelenggara, KH. Aging mengatakan, cerita singkat dalam sejarah tokoh dan ulama Jawa Barat (Jabar), Mama Djohar adalah salah satu ulama kharismatik di Cianjur. 

"Kemudian melahirkan banyak tokoh ulama kharismatik di Cianjur khususnya Jawa Barat pada umumnya," katanya kepada insan media, saat dihubungi langsung, malam.

KH. Aging menuturkan, berdasarkan keterangan diterima dari salah satu keturunan beliau Kh. Ridwan (sesepuh Ponpes Al-Jauhariyah), Mama Djohar di karunia tiga putra, yaitu pertama Mama Uteng yang diantara putranya adalah Mama Fudholi merupakan pendiri Pesantren Tanjung.

"Kemudian, kedua Mama Husnen yang diantara putranya adalah Mama Sobandi Peuteuycondong dan memiliki putra diantaranya Mama Gelar," ujarnya.


Hal senada masih papar KH. Aging, lalu ketiga Mama Hamim dan diantara putra beliau adalah Mama Sanusi yang akrab dengan panggilan Ba'a Pasarean. 

"Selain itu putra ketiga juga diantara keturunannya adalah Pesantren Al-Kautsar Cipaku," terang KH. Aging.

Sambungnya, tujuan dari haol dan halalbihalal saat ini adalah refleksi dan muhasabah khususnya bagi keluarga besar keturunan Mama Djohar. 

"Ya! Umumnya masyarakat Kadupandak dan sekitarnya," timpal KH. Aging.

Ia menambahkan, bahwa sebagai generasi yang lahir di kemudian adalah para penikmat atas perjuangan dan jerih payah para sesepuh di masa lalu (lampau).

"Maka penting menumbuhkan rasa kesadaran dan kebersamaan juga persaudaraan diantara keluarga besar dan masyarakat Cianjur," tutup KH. Aging.

Diketahui, malam itu lautan manusia membanjiri seluruh area alun-alun di Kecamatan Kadupandak. Dan, semuanya tumpah ruah dalam kebersamaan dan kehidmatan peringatan Haol Mama Djohar sekaligus halalbihalal akbar masyarakat Kadupandak dan sekitarnya. (Red)



×
Berita Terbaru Update