Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Cianjur Cek Pasca Longsor di Pasirkuda, Ini Pesannya

5/11/2022 | 20:03 WIB Last Updated 2022-05-11T13:07:41Z
Bupati Cianjur, H. Herman Suherman. (Foto: SignalCianjur)



SIGNALCIANJUR.COM- Pasca bencana longsor Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sudah turun cek lokasi untuk penanganan, dimana bukan hanya tanah yang bergerak dan longsor saja, namun irigasi pun tergerus hingga di tiga titik lokasi. 

Hal tersebut diungkapkan Bupati Cianjur, H. Herman Suherman kepada awak media, saat dikonfirmasi langsung sebelumnya di Desa Mekarmulya dan Desa Kubang, Kecamatan Pasirkuda, wilayah Cianjur Selatan (Cisel), Selasa (10/5/2022), kemarin.

"Ya! Itu terjadi longsor badan jalan kabupaten, Sabtu malam Minggu (8/5/2022) diakibatkan oleh hujan lebat," katanya, Rabu (11/5/2022) kepada SignalCianjur.com.

Bupati Cianjur menyampaikan, kini Pemkab Cianjur melalui dinas terkait melakukan penanganan, karena bukan hanya tanahnya yang bergerak atau longsor akan tetapi irigasi pun tergerus hingga di tiga titik lokasi di kecamatan tersebut. 

"Saluran irigasi sekitar 36 meter longsor dan materialnya menutupi sawah satu hektar," ujarnya.

Herman menambahkan, langkah penanganan dini pun berjalan, seperti upaya penanganan pemerintah desa dan retana mendatangi lokasi, koordinasi dengan balai wilayah Pagelaran bersama masyarakat melakukan swadaya pembersihan material longsor.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, membutuhkan perbaikan saluran irigasi agar masyarakat tidak gagal panen," timpal Bupati Cianjur.

Ia menambahkan, adanya kejadian longsor ini Pemkab Cianjur terus bergerak untuk menangani hal ini, dan warga harap berhati-hati di musim penghujan.

"Karena di suatu waktu bisa saja di tempat lainnya terjadi hal yang serupa. Tapi jangan sampai terjadi," tandas Herman.


Sementara, saat itu Bupati Cianjur H. Herman Suherman yang didampingi oleh Kaban, BPBD, Kadis Perkimtan, Kadis PUPR dan Kadiskes meninjau lokasi longsor di Kampung Rawabala, Desa Mekarmulya, Kecamatan Pasirkuda.

Bahkan, saat itu hal sama hadir unsur Forkopimcam Pasirkuda, Tim Retana, Tim Dinas Kesehatan (Dinkes), Puskesmas Pasirkuda dan beberapa dinas dan lembaga lainnya yang menyambut kedatangan Bupati Cianjur juga warga di Kecamatan Pasirkuda. (Red)


×
Berita Terbaru Update