Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas PUPR Turun Tangan, Jalan Pengkolan Nangka Cisaranten Cikadu Diterjang Longor

4/01/2022 | 19:32 WIB Last Updated 2022-04-04T06:18:54Z
Warga evakuasi Jalan Pengkolan Nangka, Desa Cisaranten, Kecamatan Cikadu, pasca diterjang longsor. (Foto: Cecep/SignalCianjur)


SIGNALCIANJUR.COM- Penghubung Cikadu dan Ciwidey, Bandung, tepatnya di Jalan Pengkolan Nangka, Desa Cisaranten, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diterjang longsor, sekitar pukul 15:00 WIB, Jumat (1/4/2022).

Dirman (30) warga setempat membenarkan, bencana longsor lebar longsor 20 meter dan tinggi 16,5 meter. Kini, warga telah sibuk untuk evakuasi membersihkan bahan material longsor. Seperti batu bongkahan, kayu, dan pohon yang tumbang terserat akibat longsoran tersebut.

"Beruntung saat peristiwa itu tidak ada korban jiwa," katanya, kepada SignalCianjur.com, saat dihubungi langsung melalui via WhatsApp (WA).

Masih ujar Dirman, jalan diperbaiki langsung oleh Dinas PUPR Cianjur dan dibantu oleh para supir roda 4 (mobil) dan warga sekitar. Sempat tersendat juga pengendara melintas, sebelum adanya evakuasi dari dinas terkait saat itu.

"Kini akses jalan mulai kemali lancar bisa dilalui meskipun harus waspada dan hati-hati," pungkasnya singkat.

Sementara itu, Cecep (38) warga lainnya mengatakan, jalan penghubung tersebut rawan juga longsor. Mungkin atau diduga karena hutan sudah gundul, karena sebagian besar pohon ditebangi oleh tangan-tangan jahil (oknum warga), sehingga terjadilah longsoran.

"Cepat tanggap saat itu juga laporan dinas terkait langsung bergerak ke lokasi," ujarnya.

Acep menambahkan, akses jalan sini sering dilalui warga lokal dan luar daerah Kecamatan Cikadu yang melintas, baik itu pengendara motor dan mobil. Apalagi banyak Sumber Daya Alam (SDA) di hutan, sehingga banyak hilir mudik untuk mengangkut hasil bumi.

"Terutama seperti palawija dan hasil pertanian lainnya," pungkasnya. (Cep)


×
Berita Terbaru Update