Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas PUPR Cianjur Akan Bangun Jaringan Irigasi Teknis di Cisel

4/13/2022 | 06:26 WIB Last Updated 2022-04-12T23:29:13Z
Kantor Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Foto: SignalCianjur)


SIGNALCIANJUR.COM- Dua kecamatan di Kabupaten Cianjur Selatan (Cisel) akan digeber pembangunan jaringan irigasi teknis oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, saat dikonfirmasi langsung di meja kerjanya, Rabu (13/4/2022).

"Pembangunan tersebut merupakan kompensasi pergantian lahan produktif, lokasi di Kecamatan Sindangbarang dan Cidaun," katanya.

Kadis Dinas PUPR Kabupaten Cianjur ini mengungkapkan, pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi merupakan program prioritas Kementerian PUPR, yaitu dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan khususnya di Cianjur.

"Tentunya pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya," ujarnya.

Maish ujarnya, dengan demikian bendungan yang digenjot saat ini. Itu dibangun dengan biaya besar, dan harus bisa memberikan manfaat yang nyata di mana air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik para petani warga sekitar Cianjur Selatan. Perlu diketahui, bagaimanapun, produktivitas dalam membangun infrastruktur harus tetap terjaga di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini. 

"Nah! Hal ini mengingat bendung dan jaringan irigasi ini untuk ketahanan pangan secara berkelanjutan," terang Kadis PUPR Cianjur.

Terakhir, Eri menyambungkan, justru karena pandemi Covid-19, ketahanan pangan harus didukung untuk diperkuat. Hanya saja tantangannya untuk tetap memonitor dan memastikan kondisi kesehatan juga. Pembangunan yang akan digeber nanti luas sekitar 210 hektar di dua kecamatan di Cisel.

"Luas angka tersebut muncul yaitu 70 kali tiga," pungkasnya. (Red)

×
Berita Terbaru Update