Notification

×

Iklan

Iklan

Swasembada Jagung, Bantu Petani Mandiri dan Sejahtera

2/19/2021 | 08:13 WIB Last Updated 2021-02-19T01:43:50Z
Penanaman jagung perdana di Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, Kamis (18/2/2021) kemarin, (Foto: Rdk/ SignalCianjur)



SIGNALCIANJUR.com- Pemkab Cianjur memalui Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur penanaman perdana program swasembada jagung, di Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung.

Penanaman jagung tersebut diprakarsai oleh Kelompok Tani Baraya (KTB) Desa Sukaratu, bekerja sama dengan Rumah Tani Cianjur (RTC), dan PT Foma. 

Ketua Kelompok Tani Baraya (KTB) Salman Alfatisi mengatakan, pengembangan budidaya tersebut untuk menciptakan generasi petani milenial, membantu petani bisa mandiri dan sejahtera.

"Pelaksanaan langsung dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Cianjur," katanya, Jumat (19/2/2012).

Salman memaoarkan, penanaman jagung ini sebagai upaya kelompok tani untuk mendukung program Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur bidang swasembada jagung tahun 2025.

"Ya, sebagai upaya membangkitkan kembali semangat bertani para petani di sini kang,"ujar Ketua KTB Desa Sukaratu.

Sementara, menurut Ketua Rumah Tani Cianjur (RTC) Setya, ini sebagai langkah pertama menciptakan generasi petani milenial.

"Berharap program ini bisa menyentuh secara penyeluruh kepada petani secara kontinyu," singkatnya.

Terpisah, Ketua Laskar Merah Putih (LMP) Markas Cabang Kabupaten Cianjur Solihin mengatakan, berhasil atau tidaknya program ini di bidang pertanian, tentu tidak bisa dilakukan sendiri. Artinya, perlu kerja sama stakeholder.

"Nah, tapi harus didukung dan diikuti oleh semua pihak dalam pelaksanaannya," katanya.

Solihin mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk mensukseskan program penanaman jagung. Demi terwujudnya swasembada jagung tahun 2025.

"Kami sangat mendukung penuh semua program pemerintah, apalagi Cianjur mayoritas warganya petani," bilangnya.

LPM siap menyediakan lahan pertanian untuk ditanami jagung. Dan, tentunya hal ini tak lepas dari kerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) sekaligus pemberdayakan kader LMP tingkat Kecamatan dan tingkat desa.

"Agar tujuan pemerintah mewujudkan swasembada jagung itu benar-benar tercapai," ujar Solihin, didampingi Sekretaris LPM Cianjur Dede Koswara.

Terakhir, ia menambahkan, bukan kali pertama saja dilibatkan kegiatan seperti ini, tapi ini keseksian kali keikutsertaan.

"Ya, mudah-mudahan bisa terlaksana sesuai harapan bersama," tutupnya.(Rdk)

×
Berita Terbaru Update